Program

Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal FMIPA Unesa

A.    Latar Belakang
Perkembangan di pendidikan tinggi menunjukkan semakin tingginya tuntutan peningkatan mutu yang tercermin dalam kinerja organisasi secara keseluruhan, baik dalam kinerja internal maupun kinerja eksternal. Keadaan ini kemudian menuntut perguruan tinggi untuk terus melakukan peningkatan mutu dari waktu ke waktu (continuous quality improvement). Untuk memfasilitasi upaya peningkatan mutu tersebut,  penerapan sistem penjaminan mutu menjadi suatu kebutuhan dan keharusan bagi perguruan tinggi. Peningkatan mutu, efektifitas, efisiensi, produktifitas merupakan aspek-aspek mutlak yang harus dipenuhi demi mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi termasuk di FMIPA Unesa.

B.     Rasional
Penerapan penjaminan mutu harus dilakukan secara terprogram dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan standar yang dikembangkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Di samping itu, perkembangan pendidikan tinggi di tanah air maupun di lingkungan regional dan internasional menunjukkan semakin sentralnya peran penjaminan mutu dalam manajamen universitas yang berlanjut ke fakultas-fakultas yang ada. Untuk mewujudkan penjaminan mutu di FMIPA Unesa, maka diperlukan dokumen-dokumen mutu, sosialisasi dokumen-dokumen mutu tersebut, implementasinya, monitoring dan evaluasi, serta tindak lanjut perbaikannya dalam penyelenggaraan akademik baik ditingkat fakultas, jurusan, dan program studi dilingkungan FMIPA Unesa.

C.    Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terimplementasinya  sistem penjaminan mutu internal akademik yang mendukung tercapainya visi dan misi FMIPA Unesa meliputi:
1.      Sosialisasi implementasi SPMI (Mengembangkan wawasan dan kompetensi pelaksana tentang SPMI)
2.      Mempersiapkan Manual Prosedur Implementasi SPMI
3.      Mendampingi Prodi-prodi dalam implementasi SPMI
4.      Melaksanakan monitoring dan evaluasi implementasi SPMI di Prodi-prodi
5.      Melaksanakan Audit Internal Mutu Akademik (AIMA)
6.      Melaporkan hasil implementasi, merumuskan perbaikan dan tindak lanjut SPMI

D.    Mekanisme dan Rancangan
1.      Peningkatan Wawasan dan Kompetensi Pelaksana Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
2.      Pengembangan Manual Prosedur Implementasi SPMI (POS, IK, formulir/borang, instrumen, dll)
3.      Pendampingan implementasi SPMI di Prodi-prodi oleh GJM
4.      Monitoring dan evaluasi implementasi SPMI di Prodi-prodi oleh Tim Monev
5.      Implementasi Audit Internal Mutu Akademik (AIMA)
6.      Pelaporan, rumusan perbaikan, dan tindak lanjut implementasi SPMI

E.     Jadwal
Sub Kegiatan
Tahun 2011 Bulan ke:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.       Peningkatan Wawasan dan Kompetensi Pelaksana Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)












2.       Pengembangan Manual Prosedur Implementasi SPMI (POS, IK, formulir/borang, instrumen, dll)             












3.       Pendampingan implementasi SPMI di Prodi-prodi oleh GJM                              












4.       Monitoring dan evaluasi implementasi SPMI di Prodi-prodi oleh Tim Monev












5.       Implementasi Audit Internal Mutu Akademik (AIMA)












6.       Pelaporan, rumusan perbaikan dan tindak lanjut implementasi SPMI                














F.    Indikator Kinerja
Indikator Kinerja
Baseline
Target Tengah Tahun 2011
Target Akhir Tahun 2011
Ketersediaan dokumen implementasi SPMI
0
50%
100%
Tersosialisasinya dokumen implementasi SPMI
0
50%
100%
Implementasi SPMI di Prodi-prodi
0
50%
100%
Keterlaksanaan monev implementasi SPMI
0
50%
100%
Keterlaksanaan AIMA
0
0
100%
Tersusunnya laporan, rumusan perbaikan dan tindak lanjut implementasi SPMI
0
50%
100%


G.   Keberlanjutan
Keberlanjutan program ini didanai oleh Rencana kegiatan Tahunan (RKT) SDP Universitas Negeri Surabaya.

H. Pelaksana Kegiatan:
     Gugus Jaminan Mutu FMIPA Unesa

I.      Penanggung Jawab
Drs. Rudy Kustijono, MS (Ketua Gugus Jaminan Mutu FMIPA Unesa).